Pariwisata SUltra Perusda Kolaka

Video. UPTD Museum dan Taman Budaya Sultra Gelar Lomba Permainan Tradisional

Belum ditonton sejak 31 October 2020
LuloPedia Indonesia 0 subscibers

LULOPEDIA.TV – KENDARI, BEGINILAH KESERUAN YANG DIHADIRKAN PARA GENERASI PENERUS BANGSA DALAM MEMAINKAN PERMAINAN TRADISIONAL.

PERMAINAN TRADISIONAL ADALAH SUATU AKTIFITAS BERMAIN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK-ANAK SEJAK ZAMAN DAHULU DENGAN ATURAN-ATURAN TERTENTU GUNA MEMPEROLEH KEGEMBIRAAN.

ADAPUN PERMAINAN TRADISIONAL YANG DIMAINKAN TERSEBUT YAKNI ENGRANG KAYU, ENGRANG BATOK KELAPA HINGGA PERMAINAN BAN-BAN.

UNTUK CARA BERMAIN ENGRANG KAYU SENDIRI, SESEORANG BERDIRI DIATAS TONGKAT PANJANG SAMBIL BERJALAN DENGAN MENJAGA KESEIMBANGAN TUBUHNYA AGAR TIDAK TERJATUH.

TAK KALAH MENARIK JUGA ENGRANG BATOK KELAPA, DIMANA SESEORANG BERDIRI DI ATAS TEMPURUNG KELAPA YANG DIIKAT DENGAN TALI SAMBIL BERJALAN DENGAN LANGKAH KAKI MENGIKUTI ENGRANG BATOK YANG DIANGKAT.

PERMAINAN ENGRANG TERSEBUT SUDAH ADA SEJAK ZAMAN PENJAJAHAN BELANDA DAN CUKUP POPULER DI TAHUN 1900-AN.

ADA JUGA PERMAINAN BAN BEKAS MOTOR, SESEORANG MEMUKUL BAN DENGAN KAYU SEBAGAI TENAGA PENDORONG AGAR BAN BISA BERPUTAR HINGGA MENCAPAI TUJUAN DENGAN CEPAT.

KEPALA CABANG DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA RAYON KOLAKA-KOLAKA TIMUR, SULTAMARA TAMBURAKA MENGATAKAN MASYARAKAT INDONESIA DI MASA LALU HINGGA SEKARANG BIASANYA MEMANFAATKAN BAHAN ALAM UNTUK MENCIPTAKAN ALAT PERMAINAN DAN MELAKUKAN PERMAINAN SECARA BERSAMA ATAU BERAMAI-RAMAI.

OLEH KARENANYA, LEWAT LOMBA PERMAINAN TRADISIONAL DAPAT MENUMBUH KEMBANGKAN MINAT DAN BAKAT PARA GENERASI MUDA DALAM MENJAGA KELESTARIAN BUDAYA.

UNTUK DIKETAHUI, DALAM LOMBA PERMAINAN TRADISIONAL TERSEBUT TETAP MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN YANG TELAH DITETAPKAN OLEH PEMERINTAH.

DEMIKIAN, DION ZIMANI, LULOPEDIA MELAPORKAN DARI KENDARI-SULAWESI TENGGARA.

TERIMAKASIH SUDAH MENONTON VIDEO INI. SIMAK VIDEO BERITA LAINNYA DI WWW.LULOPEDIA.TV