Video Unik, Batik Ecoprint Ramah Lingkungan, Manfaatkan Bahan Alami Jadi Motif Batik

Belum ditonton sejak 22 February 2021
LuloPedia Indonesia 0 subscibers

LULOPEDIA.TV – KENDARI, CORAK BATIK NAN UNIK SANGAT DISUKAI OLEH PARA PECINTA BUSANA,APALAGI CORAK TERSEBUT MENGGUNAKAN BAHAN ALAM YANG MUDAH DIDAPATKAN DI SEKITAR KITA.

 

PEMANFAATAN BAHAN ALAM,YANG RAMAH LINGKUNGAN KINI SEDANG DILAKUKAN OLEH IBU-IBU JALASENASTRI LANAL KENDARI,DENGAN BATIK ECOPRINT YAITU BATIK KONTEMPORER YANG MENAMBAH KHASANAH BATIK ETNIK DISAMPING BATIK TULIS DAN BATIK CAP.

 

SESUAI NAMANYA,ECOPRINT DARI KATA ECO ASAL KATA EKOSISTEM,DAN PRINT YANG YANG ARTINYA MENCETAK,SEHINGGA CORAK BATIK TERSEBUT DIBUAT DENGAN CARA MENCETAK DENGAN BAHAN-BAHAN YANG TERDAPAT DI ALAM,BERUPA DEDAUNAN,BUNGA,BATANG HINGGA RANTING.

 

UNTUK JENIS DEDAUNAN YANG DIGUNAKAN BERVARIASI,BAHKAN ADA JUGA JENIS DAUN  YANG TIDAK BISA DIGUNAKAN KARNA TIDAK MENGELUARKAN WARNA.

 

KETUA JALASENASTRI LANAL KENDARI,MIA ANDIKE SRY MUTIA,MENJELASKAN,UNTUK JENIS DAUN YANG MENGELUARKAN WARNA YANG CERAH YAITU JENIS DAUN JATI ,DAUN KLENGKENG MERAH, DAUN LANANG , HINGGA  DAUN JARAK.

 

UNTUK PROSES PEMBUATAN BATIK ECOPRINT SENDIRI YAKNI DENGAN MEMILIH  KAIN  SERAT ALAMI , SEPERTI KAIN SUTRA ATAUPUN KAIN KATUN YANG TELAH DIBASAHI.

 

SELANJUTNYA,DEDAUNAN TERSEBUT DILETAKAN DIATAS KAIN YANG TELAH DIBASAHI,HINGGA DIBALUT MENGGUNAKAN PLASTIK DAN SIAP UNTUK DIKUKUS SELAMA DUA JAM LAMANYA AGAR WARNA DAUN TERSEBUT KELUAR DAN MENEMPEL DI KAIN.

 

SEDANGKAN DAYA TAHAN DARI BATIK ECOPRINT JUGA TERBILANG CUKUP LAMA , DENGAN PERAWATAN YANG BAIK , BATIK HASIL ECO PRINT BISA BERTAHAN SELAMA BERTAHUN-TAHUN .

 

TENTUNYA PENGGUNAAN BAHAN ALAM RAMAH LINGKUNGAN INI MUDAH DIDAPATKAN DISEKITAR KITA DAN AMAN DARI SEGI KESEHATAN.

 

DENGAN TEKNIK MOTIF BAIK ECOPRINT YANG MENGGUNAKAN BAHAN ALAMI,DIRINYA JUGA MENGAJAK KEPADA MASYARAKAT UNTUK SELALU MELESTARIKAN ALAM MULAI DARI DIRI SENDIRI , HINGGA LINGKUNGAN YANG ADA DI SEKITAR KITA.

 

DEMIKIAN,DION ZIMANI,LULOPEDIA,MELAPORKAN DARI KENDARI-SULAWESI TENGGARA.

 

TERIMAKASIH SUDAH MENONTON VIDEO INI. SIMAK BERITA MENARIK LAINNYA DI WWW.LULOPEDIA.TV

 

#SULTRAINFO #KENDARIINFO #BERITASULTRA #BERITAKENDARI #KABARSULTRA #KABARKENDARI #SULTRAHITS #KENDARIHITS