Pariwisata SUltra Perusda Kolaka

Video. Umat Hindu Jati Bali Laksanakan Persembayangan Bulan Mati atau Hari Suci Tilem

Belum ditonton sejak 19 October 2020
LuloPedia Indonesia 0 subscibers

LULOPEDIA.TV – KONAWE SELATAN, BEGINILAH PERAYAAN HARI SUCI TILEM ATAU SAAT BULAN MATI KEAGAMAAN UMAT HINDU DI DESA JATI BALI, KECAMATAN RANOMEETO KABUPATEN KONAWE SELATAN DI PURA DALAM, 16 OKTOBER 2020.

PERSEMBAYANGAN HARI SUCI TILEM ATAU BULAN MATI TERSEBUT BERTUJUAN MENSYUKURI NIKMAT TUHAN YANG TELAH DIBERIKAN SELAMA INI.

BUNGA ANEKA WARNA, DAUN, DUPA YANG DIBAKAR DAN AIR, TIRTA YANG BERARTI SEBAGAI BENTUK PENYUCIAN DIRI SERTA ANUGRAH DARI TUHAN YANG MAHA KUASA MERUPAKAN PERLENGKAPAN DALAM MELAKUKAN RITUAL PERSEMBAYANGAN.

DALAM RITUAL INI, ADA TATA CARA DUDUK KETIKA MELAKUKAN PERSEMBAYANGAN YAKNI UNTUK WANITA DUDUK SEMBAYANG DENGAN POSISI BERSUJUD SEDANGKANĀ  LAK-LAKI DENGAN POSISI BERSILA.

SEDANGKAN, ORANG SUCI DALAM AGAMA HINDU ATAU PANDITA YANG MEMIMPIN UPACARA PELAKSANAAN RITUAL PERSEMBAYANGAN DUDUK DI TEMPAT TERTINGGI SEBAB MEREKA MASUK DALAM GOLONGAN ORANGĀ  SUCI YANG TELAH MELAKSANAKAN PROSES MADIKSA ATAU ORANG YANG LAHIR DUA KALI.

KETUA ADAT DESA JAT BALI, IDA BAGUS KOMANG KARWITA MENJELASKAN PERSEMBAYANGAN TERSEBUT SEBAGAI UCAPAN RASA SYUKUR KEPADA TUHAN TERHADAP APA YANG TELAH DIBERIKAN SELAMA INI, YANG DIFOKUSKAN KEPADA TRYMURTI ATAU TIGA BENTUK KEKUATAN MANIFESTASI TUHAN ATAU SANG HYANG WIDHI YAKNI DEWA BRAHMA (PENCIPTA), DEWA WISNU (PEMELIHARA) DAN DEWA SIWA (PELEBUR).

IA JUGA MENAMBAHKAN, PERAYAAN HARI SUCI TILEM TERSEBUT DILAKSANAKAN SETIAP 15 HARI SEKALI DALAM SETIAP BULANNYA.

SEMENTARA ITU, KEPALA DESA JATI BALI, I MADE BUDIARTA MENGATAKAN PERSEMBAYANGAN DIIKUTI SELURUH WARGA DESA JATI BALI. AKAN TETAPI ADANYA PANDEMI COVID-19 SEHINGGA PERSEMBAYANGAN DIMULAI DARI JAM TIGA SORE AGAR WARGA DAPAT BERGANTIAN MELAKUKAN SEMBAYANG. HAL TERSEBUT GUNA MENJAGA JARAK SESUAI PROTOKOL KESEHATAN DARI PEMERINTAH.

DEMIKIAN, DION ZIMANI, LULOPEDIA MELAPORKAN DARI KABUPATEN KONAWE SELATAN-SULAWESI TENGGARA.