Perusda Kolaka

Video Tradisi Pernikahan Adat Sunda, Inilah Prosesi Yang Harus Dilakoni Pasangan Mempelai

Belum ditonton sejak 14 July 2020
LuloPedia Indonesia 0 subscibers

LULOPEDIA.TV – KENDARI, BEGINILAH PROSESI PERNIKAHAN ADAT SUNDA YANG DILAKSANAKAN DI DESA AMOITO SIAMA, KECAMATAN RANOMEETO KABUPATEN KONAWE SELATAN.

SALAH SATU PASANGAN MEMPELAI, EUIS DAN FAHRUL HARUS MELEWATI BERBAGAI PROSESI PERNIKAHAN ADAT SUNDA SETELAH SAH MENYANDANG STATUS SUAMI-ISTRI.

DIANTARANYA, SUNGKEMAN ATAU MEMINTA MAAF KEPADA KEDUA ORANG TUA MAUPUN MERTUA. HUAP LINGKUNG ATAU MEMAKAN NASI KUNING YANG TELAH DIBENTUK BULATAN SEBANYAK TUJUH BUTIR YANG AKAN DISUAP OLEH ORANG TUA DAN MERTUA DAN PASANGAN SUAMI ISTRI SENDIRI, YANG MEMILIKI ARTI SEBAGAI KEHARMONISAN DALAM MEMBINA KELUARGA.

SELANJUTNYA, BETOT BAKAKAK ATAU MENARIK AYAM PANGGANG SECARA BERLAWANAN YANG MEMILIKI ARTI MEMPELAI YANG MEDAPATKAN BAGIAN YANG BESAR DARI PADA YANG LAIN AKAN MEMBAWA KESEJAHTARAAN DALAM KELUARGA DAN SALING MEMBANTU SATU SAMA LAIN. INJAK TELUR YANG MEMILIKI ARTI HARAPAN DAN LAMBANG KESETIAAN.

ADA JUGA, PECAH KENDI YANG MANA SEBELUMNYA LIDI DIBAKAR KEMUDIAN DICELUPKAN KEDALAM KENDI YANG BERISIKAN AIR YANG MEMILIKI ARTI MASALAH RUMAH TANGGA JANGAN SAMPAI DIBAWA KELUAR DAN DISELESAIKAN SECARA KEKELUARGAAN. DAN TERAKHIR, SAWERAN YANG MEMILIKI ARTI UNGKAPAN KEBAHAGIAN ORANG TUA KEPADA KEDUA ANAKNYA.

TOKOH ADAT SUNDA DI KECAMATAN RANOMEETO, M. ZAINAL MUTAQIN MENJELASKAN RANGKAIAIN PROSES ADAT SUNDA TERSEBUT SEMATA-MATA MEMILIKI ARTI SEBAGAI HARAPAN KEPADA KEDUA MEMPELAI AGAR MENJADI KELUARGA SAKINAH, MAWADAH DAN WARAHMAH DARI TUHAN YANG MAHA ESA.

DEMIKIAN, DION ZIMANI, LULOPEDIA.TV MELAPORKAN DARI KABUPATEN KONAWE SELATAN, SULAWESI TENGGARA