Perusda Kolaka
PUTING BELIUNG 2

Video_ Tiga Rumah di Kolaka Diterjang Angin Puting Beliung Hingga Atapnya Lepas

Belum ditonton sejak 25 April 2020
LuloPedia Indonesia 0 subscibers

Lulopedia.id, Kolaka – Angin puting beliung menimpa 3 rumah warga Desa Totobo, Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara pada Kamis siang tanggal 23 April 2020.

Atap ke tiga rumah warga itu diangkat oleh angin puting beliung. Salah satu diantaranya adalah rumah milik Muhamad Tahir yang atapnya beserta rangka kayunya diterbangkan angin.

Risna anak dari Mumahad Tahir menjelaskan pada saat kejadian, di dalam rumah tersebut hanya dia berdua dengan adiknya. Saat itu tiba-tiba mendengar suara gemuruh angin dibarengi berterbangan atap rumahnya.

Melihat hal itu, Risna beserta adiknya yang berada di dalam rumah cukup panic. Ia lari membawa adiknya yang masih kecil keluar rumah guna menghindari material rumah yang porak-poranda oleh angin.

Bahkan, pada saat masih di dalam rumah itu Risna sempat terkena setrum listrik karena ada kabel yang putus terinjak kakinya. Untungnya ia masih sadar lalu secepatnya lari keluar membawa adiknya.

Kepala Desa Totobo, Muslimin, menjelaskan bahwa musibah yang menimpa 3 rumah milik warganya itu yang paling parah adalah rumah milik Muhamad Tahir. Pemerintah Desa sudah berupaya membantu ke 3 rumah milik warga yang diterjang angin putting beliung dengan cara swadaya dari masyarakat.

Pihak kampus Universitas Sembilanbelas November Kolaka dan Dinas Sosial Kabupaten Kolaka juga telah memberikan bantuan.

Laporan: Mamat Rahmat