Perusda Kolaka
Prajurit Lanal Kendari Berinovasi

Video Prajurit Lanal Kendari Berinovasi, Ubah Sampah Menjadi Pupuk dan Wadah Tanaman

Belum ditonton sejak 8 September 2020
LuloPedia Indonesia 0 subscibers

LULOPEDIA.TV – KENDARI, INILAH SERMA TARIF SUMITO, SALAH SATU PRAJURIT PANGKALAN ANGKATAN LAUT KENDARI YANG MERUBAH SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK MENJADI PUPUK TANAMAN.

HAL INI DILAKUKAN GUNA MEMBANTU PEMERINTAH DAERAH MENGURANGI PENUMPUKKAN SAMPAH DI TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH.

DIMANA SAMPAH ORGANIK ATAU SAMPAH BASAH DIUBAHNYA MENGGUNAKAN CARA KOMPOSTER SISTEM AEROB DENGAN MEMASUKKAN SAMPAH KE DALAM TONG DAN DISIRAM AIR AGAR TETAP BASAH. NANTINYA BAKTERI PENGURAI DAPAT MENGHANCURKAN SAMPAH DAN MENGELUARKAN AIR ATAU CAIRAN LEWAT PIPA SAMPAH YANG TELAH DIMODIFIKASI.

SELAIN ITU, KOTORAN HEWAN SEPERTI KAMBING DAN SAPI BISA DITAMBAHKAN DALAM AIR ATAU CAIRAN PUPUK TANAMAN TEREBUT.

DISAMPING ITU, SAMPAH ANORGANIK ATAU SAMPAH PLASTIK JUGA DIOLAHNYA MENJADI PENGGANTI TANAH DENGAN MEMBUNGKUS GABUS DENGAN KANTONG KRESEK DAN DISIMPAN DI WADAH TANAMAN YANG DIRENDAM AIR MENGGUNAAN SISTEM KAPILER ATAU SISTEM TANAMAN HYDRPONIK.

SERMA TARIF SUMITO JUGA MELAKUKAN INOVASI DENGAN MEMBUAT PUPUK TANAMAN YANG IA TELAH UJI COBAKAN PADA TANAMAN YANG DAPAT MERANGSANG PERTUMBAHAN TANAMAN MENJADI LEBIH CEPAT.

IA BERHARAP PUPUK TANAMAN HASIL RACIKAN TEREBUT YANG DIBERI NAMA ZPT, MENDAPATKAN HAK CIPTA DAN LEGALITAS DARI PEMERINTAH, KHSUSNYA DINAS PERTANIAN DALAM MEMBUDIDAYAKAN TANAMAN.

DEMIKIAN, DION ZIMANI, LULOPEDIA.TV MELAPORKAN DARI KENDARI-SULAWESI TENGGARA.