Video Polemik Status Wilayah Pulau Kawi-Kawia, Secara Administratif Masuk Kabupaten Busel Bukan Selayar

Dilihat 200 kali sejak 29 March 2021
Lulo Pedia Indonesia 5.62K subscibers

LULOPEDIA.TV – KENDARI, PERSETERUAN KEPEMILIKAN PULAU KAWI-KAWIA MASIH TERUS BERLANJUT ANTARA KABUPATEN BUTON SELATAN, SULAWESI TENGGARA DAN KABUPATEN SELAYAR, SULAWESI SELATAN.

 

NAMUN, SECARA ADMINISTRATIF YANG DIBUKTIKAN DENGANĀ  DENGAN PETA PERDA NOMOR 9 TAHUN 2018,TENTANG RENCANA ZONASI WILAYAH PESISIR DAN PULAU-PULAU KECIL (RZWP-3-K) PROVINSI SULAWESI TENGGARA TAHUN 2018-2032,PULAU KAWI-KAWIA MILIK PROVINSI SULAWESI TENGGARA DI KABUPATEN BUTON SELATAN.

 

KEPALA DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA,LAODE KARDINI,MENJELASKAN PADA PRINSIPNYA PULAU KAWI-KAWIA MILIK SULAWESI TENGGARA.

 

HAL TERSEBUT DIBUKTIKAN DALAM PETA PERDA NOMOR 9 TAHUN 2018,DAN PERJANJIAN BERITA ACARA ANTARA KEPALA DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA DAN SULAWESI SELATAN PADA TAHUN 2017 DI SALAH SATU HOTEL DI KOTA KENDARI.

 

SELAIN ITU,MAHKAMAH KONSTITUSI MEMUTUSKAN BAHWA PULAU KAWI KAWIA ADALAH MILIK SAH PEMERINTAH KABUPATEN BUTON SELATAN-SULAWESI TENGGARA,YANG DIBUKTIKAN PULAU KAWI KAWIA SEBELUM BUTON SELATAN MEKAR MERUPAKAN WILAYAH ADMINISTRASI KABUPATEN BUTON BERDASARKAN PERDA NOMOR 1 TAHUN 2014 TENTANG RT,RW KABUPATEN BUTON.

 

BERDASARKAN DATA TERSEBUT,KAWI KAWIA MASUK DALAM RUANG KABUPATEN BUTON YANG MERUPAKAN BAGIAN DARI KECAMATAN BATU ATAS DAN MELEPAS KAWI KAWIA KEPADA BUTON SELATAN.

 

 

DEMIKIAN,DION ZIMANI,LULOPEDIA,MELAPORKAN DARI KENDARI-SULAWESI TENGGARA.

 

TERIMAKASIH SUDAH MENONTON VIDEO INI. SIMAK VIDEO MENARIK LAINNYA DI WWW.LULOPEDIA.TV