Suara Konsel : Surunuddin - Rasyid Perusda Kolaka

Video. Pilkada Konsel 2020, JaDI Harapkan Pilkada Bebas dari Gugatan

Belum ditonton sejak 4 October 2020
LuloPedia Indonesia 0 subscibers

LULOPEDIA.TV : KONAWE SELATAN –  Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDi) Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara berharap Pemilihan Kepala Daerah yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 bebas dari sengketa.

Hal ini diungkapkan Sutamin Rembasa pada acara Ngobrol Pemantau Pilkada bersama Bawaslu dan KPU Konawe Selatan, pada hari Sabtu (03/10/2020).

Selain itu, lanjut Sutamin, Pilkada di tahun ini juga harus lebih berkualitas di banding pilkada pada tahun 2015, sehingga dapat mewujudkan Pilkada yang berkualitas, berintegritas dan bermartabat.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Konawe Selatan, Hasni mengatakan, bahwa perlu adanya sosialisasi terus menerus yang dilakukan oleh Pemantau pemilu terkait pelanggaran dan sanksi kepada masyarakat agar tidak dilakukan, terutama adanya money politik sehingga menciptakan Pilkada yang berkualitas, berintegritas dan bermartabat.

Menurutnya, bahwa Kesuksesan Pilkada Tahun 2020 ini bukan hanya dibebankan kepada  Pihak Penyelenggara saja, namun juga harus adanya partisipasi semua masyarakat, agar apa yang menjadi harapan dapat terwujud.

Sementara itu, Koordinator  divisi SDM dan Parmas KPU Konawe Selatan, Seni Marlina juga mengakui, untuk mewujudkan Pilkada yang berkualitas, berintegritas dan bermartabat ada empat indikator yang harus diperhatikan, salah satunya dengan adanya regulasi yang mengatur atau aturan main baik itu penyelenggara atau masyarakat sipil  dan pasangan calon Bupati dan wakil bupati itu sendiri.

Demikian, Afdal, kontributor lulopedia melaporkan dari kabupaten konawe selatan, sulawesi tenggara.