Video Penanaman Pohon Di Kebun Raya UHO, Selamatkan Tanaman Lokal Terancam Punah Di SULTRA

Dilihat 265 kali sejak 23 December 2021
Lulo Pedia Indonesia 5.62K subscibers

KENDARI, LULOPEDIA.TV РBEGINILAH SUASANA GERAKAN NASIONAL PENANAMAN POHON TERANCAM PUNAH, OLEH ASOSIASI MIKORIZA INDONESIA, DAN  PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI TENGGARA, YANG BERPUSAT DI KEBUN RAYA UNIVERSITAS HALU OLEO.

 

DALAM GERAKAN NASIONAL PENANAMAN POHON TERANCAM PUNAH, ADA 405 JENIS TANAMAN, DAN 10 TANAMAN LANGKA YANG DITANAM.

 

KETUA ASOSIASI MIKORIZA INDONESIA, PROFESOR HUSNA MENJELASKAN, PELAKSANAAN GERAKAN PENANAMAN POHON TERANCAM PUNAH BERTUJUAN UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN KOLEKTIF SELURUH ANAK BANGSA, UNTUK MENYELAMATKAN JENIS POHON TERANCAM PUNAH DI INDONESIA .

 

ADA BEBERAPA JENIS TANAMAN TERANCAM PUNAH DI SULAWESI TENGGARA YANG DITANAM DALAM GERAKAN NASIONAL TERSEBUT, DIANTARANYA  KALAPI, TANAMAN YANG HANYA TUMBUH DI DAERAH ABUKI, KABUPATEN KONAWE, DAN KABUPATEN KOLAKA TIMUR .

 

SELAIN ITU ADA JUGA KAYU KUKU, YANG TERANCAM PUNAH SEJAK TAHUN 2004, POOTI YANG HANYA TUMBUH LOKAL DI SULAWESI TENGGARA, DAN JERUK SIOMPU, JERUK YANG MEMILIKI RASA MANIS, HARUM, DAN JERUK YANG TIDAK MEMPUNYAI KEMIRIPAN DENGAN JERUK LAIN YANG ADA DI DUNIA.

 

SEMENTARA ITU, GUBERNUR SULAWESI TENGGARA, ALI MAZI MENUNGKAPKAN, MELALAUI KEGIATAN PENANAMAN POHON TERANCAM PUNAH, DAPAT MENGINSPIRASI STEKHOLDER LAINNYA DAN MASYARAKAT SULAWESI TENGGARA UNTUK IKUT SERTA DALAM PELESTARIAN EKSOSISTEM .

 

DALAM GERAKAN NASIONAL PENANAMAN POHON TERANCAM PUNAH, GUBERNUR SULAWESI TENGGARA, ALI MAZI MENANAM JERUK SIOMPU, SEBAGAI KOITMEN PEMERINTAH DALAM RANGA PENYELAMATAN MATERI GENETIK JERUK SIOMPU.

 

DEMIKIAN, DION ZIMANI, LULOPEDIA, MELAPORKAN DARI KENDARI-SULAWESI TENGGARA.

Bara Juga :