vaksin palsu

Video. Palsukan Sertifikat Vaksin di Baubau, Tiga Pelaku Diamankan Polisi, Satu Pegawai Pelabuhan

Belum ditonton sejak 1 August 2021
LuloPedia Indonesia 0 subscibers

Adanya temuan 26 penumpang kapal dari baubau yang tiba di sorong menggunakan sertifikat vaksin palsu, akhirnya polres baubau tetapkan 3 tersangka, salah satunya pegawai pelabuhan

BAUBAU, LULOPEDIA.TV – Sebelumnya, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, mendapati 26 penumpang kapal dari Kota Baubau menuju sorong selain memegang kartu vaksin palsu juga tidak memiliki surat izin masuk ke wilayah Sorong pada Selasa, tanggal 27 Juli 2021 lalu.

Dalam Konferensi pers yang digelar di Polres Kota Baubau, pada sabtu, 31 juli 2021, Polisi menetapkan 3 pelaku tindak pidana pemalsuan surat vaksinasi dan pemeriksaaan Covid-19 antara lain, AR(40), LH (33) , dan AM (28) dengan peran yang berbeda-beda.

Dimana AR, seorang buruh harian lepas yang berperan sebagai calo, LH sebagai wiraswasta yang berperan membantu AR mengedit dan mencetak kartu vaksin palsu, dan AM seorang pegawai honorer KKP.

Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari mengatakan, saat ini dua pelaku AR dan LH dan barang bukti sudah diamankan, sementara AM  sedang isolasi mandiri sesuai hasil swab antigen positif covid-19.

Dalam aksinya membantu calo meloloskan 26 penumpang tersebut, Rio mengatakan AM mendapat keuntungan sebesar 200 ribu per penumpang.

Untuk sementara berdasarkan bukti pendukung Petugas KKP yang terlibat baru terungkap satu orang. Dari hasil keuntungan yang diperoleh, pelaku AH  juga menerima Rp 200.000 per calon penumpang karena telah membantu kelancaran keberangkatan 26 penumpang.

Saat ini Polres mengamankan barang bukti berupa 1 unit laptop, 1 unit printer, uang tunai sebesar Rp. 11.720.000, foto copy surat keterangan rapid antigen dan foto copy kartu vaksin.

Demikian, AISYAH WELINA, kontributor Lulopedia melaporkan dari Kota Baubau, Sulawesi Tenggara