Video Minta Bantuan Pemerintah, Enam Nelayan Warga Wakatobi Turut Ditahan Di Papua Nugini

Dilihat 251 kali sejak 21 December 2021
Lulo Pedia Indonesia 5.62K subscibers

WAKATOBI, LULOPEDIA.TV – TERTANGKAPNYA DELAPAN ORANG ANAK BUAH KAPAL WARGA NEGARA INDONESIA (WNI) OLEH OTORITAS PENJAGA LAUT PAPUA NUGINI PADA 17 NOVEMBER 2021 LALU, RUPANYA ENAM ORANG DIANTARANYA ADALAH WARGA ASAL KABUPATEN WAKATOBI, SULAWESI TENGGARA.

 

PENANGKAPAN DELAPAN ABK ASAL WNI ITU DIDUGA MEMASUKI WILAYAH LAUT PAPUA NUGINI TANPA IZIN.

 

ISTRI DARI ABK LA SIHALI (29), WA ODE BASRIA NINGSI, MENGAKU SUAMINYA BERSAMA NELAYAN LAINNYA BERANGKAT DARI KABUPATEN MERAUKE, PROVINSI PAPUA UNTUK MELAUT MENGGUNAKAN JARING DI SEKITAR PERBATASAN LAUT PAPUA NUGINI PADA 10 NOVEMBER LALU, NAMUN DIRINYA MENDENGAR KABAR MENGEJUTKAN PADA 17 NOVEMBER SORE, TERNYATA SUAMINYA BERSAMA NELAYAN LAINNYA DITANGKAP OLEH OTORITAS PENJAGA LAUT PAPUA NUGINI.

 

IA MENYEBUTKAN, SUAMINYA BERSAMA TUJUH ORANG ABK TERSEBUT BARU PERTAMA KALI MELAUT DI SEKITAR PERBATASAN, SEHINGGA TIDAK TAHU TERNYATA KAPAL MEREKA MEMASUK DI WILAYAH PAPUA NUGINI.

 

KATA DIA, SELAMA NELAYAN TERSEBUT DITAHAN HINGGA MENJALANI PERSIDANGAN DI PAPUA NUGINI, TIDAK ADA SATUPUN PERWAKILAN PEMERINTAH INDONESIA YANG MENEMUI MEREKA, TERLEBIH MEMBANTU PROSES HUKUM.

 

PENGADILAN PAPUA NUGINI AKHIRNYA MEMVONIS DELAPAN WNI TERSEBUT SELAMA DUA TAHUN PENJARA, SUAMI WA ODE BASRIA NINGSI BERSAMA ABK LAINNYA KINI DITAHAN DI PENJARA WESTERN PROVINCE DARU PAPUA NUGINI.

 

WA ODE BASRIA NINGSI BERHARAP, PEMERINTAH INDONESIA DALAM HAL INI PRESIDEN RI, JOKO WIDODO BISA MEMBANTU SUAMINYA BERSAMA ABK LAIN AGAR SEGERA DILEPASKAN KARENA MEREKA MERUPAKAN TULANG PUNGGUNG KELUARGA.

 

UNTUK DIKETAHUI, DUA ORANG ABK LAINNYA YANG DITAHAN MERUPAKAN WARGA ASAL SULAWESI SELATAN DAN SUMATERA, KEDUANYA DITANGKAP BERSAMA SATU KAPAL PENANGKAP IKAN DI PERBATASAN SEKITAR LAUT TORASI.

 

DEMIKIAN, AMRAN MUSTAR ODE, KONTRIBUTOR LULOPEDIA MELAPORKAN DARI KABUPATEN WAKATOBI, SULAWESI TENGGARA.

Bara Juga :