Pariwisata SUltra Perusda Kolaka

Video. Minim Event, Peminat Kain Tenun Sultra Berkurang

Belum ditonton sejak 30 October 2020
LuloPedia Indonesia 0 subscibers

LULOPEDIA.TV – KENDARI, KAIN TENUN MERUPAKAN CIRI KHAS SUATU DAERAH YANG BANYAK DIMINATI BAIK DARI SULAWESI TENGGARA MAUPUN DARI LUAR DAERAH.

KAIN TENUN SULTRA TERDIRI DARI BERBAGAI MACAM YAKNI KAIN TENUN BUTON, MUNA, BOMBANA, WAKATOBI DAN MASIH BANYAK YANG LAINNYA DARI DAERAH YANG ADA DI SULTRA.

AKAN TETAPI ADANYA PANDEMI SAAT INI MEMBUAT BEBERAPA EVENT DILAKSANAKAN MELALUI DARING SEHINGGA PERMINTAAN KAIN TENUN SEBAGAI CENDRAMATA MENJADI BERKURANG.

ENDANG, SALAH SATU OWNER PENGRAJIN KAIN TENUN MENJELASKAN PEMINAT RAJUTAN KAIN TENUN HASIL BUATANNYA KINI MENJADI BERKURANG DIMANA BEBERAPA EVENT DAN KEGIATAN PEMERINTAHAN DILAKSANKAN HANYA MELALUI DARING.

AKIBAT KURANGNYA PEMINTAAN KAIN TENUN BERDAMPAK PADA MEROSOTNYA OMSET YANG DIDAPATKANNYA. DIMANA SEBELUMNYA KAIN TENUN BUATANNYA PALING BANYAK DIMINATI DARI LUAR DAERAH SULTRA SEBAGAI OLEH-OLEH.

KINI DIRINYA HARUS MENJUAL HASIL TENUNANNYA MELALUI MEDIA SOSIAL AGAR USAHA KAIN TENUNNYA TETAP BERJALAN.

UNTUK KAIN TENUNAN YANG DIJUALNYA BERVARIASI MULAI DARI HARGA 100 RATUS RIBU RUPIAH HINGGA 2 JUTA RUPIAH.

IA JUGA MENAMBAHKAN, DI TENGAH PANDEMI SAAT INI, SESEKALI KAIN HASIL TENUNANNYA ADA PEMINATNYA SEPERTI ACARA NIKAHAN, AKIKAH DAN ACARA PEMERINTAHAN SEPERTI SERAH TERIMA JABATAN.

IA BERHARAP PANDEMI SEGERA BERAKHIR SEHINGGA RODA PERKONOMIAN KEMBALI PULIH SEPERTI SEDIA KALA DAN BEBERAPA KEGIATAN DAN IVENT TINGKAT KABUPATEN/KOTA BAHKAN NASIONAL DAPAT DIGELAR KEMBALI SECARA LANGSUNG.

DEMIKIAN, DION ZIMANI, LULOPEDIA MELAPORKAN DARI KENDARI-SULAWESI TENGGARA.

TERIMAKASIH SUDAH MENONTON VIDEO INI. SIMAK VIDEO BERITA LAINNYA DI WWW.LULOPEDIA.TV