Perusda Kolaka

Video Lukisan Mural di Taman Budaya Kendari, Sampaikan Pesan Perjuangan Bangsa

Belum ditonton sejak 14 August 2020
LuloPedia Indonesia 0 subscibers

LULOPEDIA.TV – KENDARI, BERBAGAI MACAM LUKISAN PERJUANGAN TERPAMPANG DI DINDING KAWASAN TAMAN BUDAYA KENDARI SEPANJANG 45 METER YANG DIKERJAKAN 15 PERUPA.

LUKISAN MURAL TERSEBUT SELALU MEMPUNYAI PESAN MORAL, SALAH SATUNYA LUKISAN TENTANG PERJUANGAN DAN PERSATUAN, YANG MEMBERI PESAN BAHWA KITA TIDAK AKAN BISA MENGALAHKAN PENJAJAH TANPA RASA PERJUANGAN DAN PERSATUAN.

HUSAIN, SALAH SATU PERUPA DI TAMAN BUDAYA KENDARI MENJELASKAN LUKISAN MURAL TERSEBUT DIBUAT SEBAGAI SARANA MEMBENTUK RUANG BERSAMA DENGAN KEMBALI MENGINGATKAN MASYARAKAT TENTANG PERJUANGAN BANGSA, BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL KHUSUSNYA DI SULTRA.

SALAH SATU LUKISAN MILIKNYA YANG BERGAMBARKAN TANGAN TERANGKAT DENGAN SEBUAH KEPALAN BENDERA MERAH PUTIH YANG BERKIBAR DAN BAMBU RUNCING, MEMILIKI PESAN PERJUANGAN DAN RASA PERSATUAN YANG DIMILIKI PEJUANG DULU MENGGUNAKAN BAMBU RUNCING UNTUK MENUMPAS PARA PENJAJAH.

SEDANGKAN GAMBAR PEREMPUAN BERKERUDUNG MENGGUNAKAN MASKER, MENGGAMBARKAN KONDISI PANDEMI COVID-19 YANG SAAT INI MELANDA INDONESIA.

SEMENTARA ITU, KEPALA UPTD MUSEUM DAN TAMAN BUDAYA KENDARI, DHODY SAHRUL SAH MENGATAKAN BERBAGAI MACAM LUKISAN MURAL INI MEMBERIKAN BERBAGAI PESAN YANG DISAMPAIKAN, SALAH SATUNYA LUKISAN PERJUANGAN YANG DAPAT MENUMBUHKAN RASA SEMANGAT DAN PATRIOTISME PARA GENERASI MUDA.

DEMIKIAN, DION ZIMANI, LULOPEDIA.TV MELAPORKAN DARI KENDARI, SULAWESI TENGGARA.