Perusda Kolaka

Video Jumlah Sapi Yang Dipotong di RPH Kendari Kembali Meningkat

Belum ditonton sejak 21 July 2020
LuloPedia Indonesia 0 subscibers

LULOPEDIA.TV – KENDARI, PEMOTONGAN SAPI DI RUMAH POTONG HEWAN DI KOTA KENDARI KEMBALI MENGALAMI PENINGKATAN, DIMANA SAPI YANG DIPOTONG BERKISAR 18 SAMPAI 20 EKOR PERHARINYA.

SEBELUMNYA TERJADI PENURUNAN PADA BULAN MARET DAN APRIL, SEKITAR 50 SAMPAI 60 PERSEN YANG DIAKIBATKAN MENINGKATNYA GRAFIK WABAH VIRUS CORONA PADA SAAT ITU.

KEPALA UNIT PELAKSANA TEKNIS, RPH KOTA KENDARI, ROMI YULIANTO MEMASTIKAN SAPI YANG DI POTONG DALAM KONDISI SEHAT. PASALNYA SEBELUM PEMOTONGAN DILAKUKAN TERLEBIH DAHULU DIPERIKSA KESEHATANNYA OLEH DOKTER HEWAN.

SAPI YANG DIPOTONG BETUL-BETUL SEHAT DAN TELAH MEMENUHI SYARAT SESUAI S-O-P YANG ADA SEHINGGA SAPI YANG AKAN DI SALURKAN DI PASARAN DIJAMIN AMAN, SEHAT, UTUH DAN HALAL.

DISAMPING ITU, SAPI-SAPI YANG BERADA DI RPH KOTA KENDARI ADALAH MILIK MASYARAKAT YANG TELAH DIKENAKAN RETRIBUSI 62 RIBU PER EKORNYA. DIMANA RPH SENDIRI HANYA MENYIAPKAN SARANA DAN PRASARANANYA SAJA.

UNTUK DIKETAHUI, SAPI YANG MASUK DI RPH BERASAL DARI BERBAGAI DAERAH SEHINGGA SAPI TERSEBUT WAJIB MEMILIKI SURAT KEPEMILIKAN SAPI DAN TENTUNYA SEHAT.

IA JUGA MENAMBAHKAN, PIHAKNYA MELARANG KERAS MEMOTONG SAPI BETINA PRODUKTIF GUNA MEMPERTAHANKAN PRODUKSI DALAM KEBUTUHAN PASOKAN SAPI DI KOTA KENDARI.

DEMIKIAN, DION ZIMANI, LULOPEDIA.TV MELAPORKAN DARI KENDARI, SULAWESI TENGGARA.