Video Fisip Uho & Amsi Sultra Teken Mou, Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Dalam Bidang Media

Belum ditonton sejak 25 June 2021
LuloPedia Indonesia 0 subscibers

LULOPEDIA.TV – KENDARI,  FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) UNIVERSITAS HALUOLEO TELAH MENANDATANGANI NOTA KESEPAHAMAN DENGAN ASOSIASI MEDIA SIBER INDONESIA (AMSI) WILAYAH SULTRA DI AULA FISIP UHO PADA HARI KAMIS (14 JUNI 2021).

 

MOU DITANDATANGANI OLEH DEKAN FISIP UHO, DR LA TARIFU DAN KETUA AMSI SULTRA, M DJUFRI RACHIM, DISAKSIKAN PENGURUS AMSI PUSAT, MASING-MASING MACHRONI KUSUMA DAN UPI ASMARADHANA. KERJASAMA DIMAKSUDKAN UNTUK MEMBINA HUBUNGAN KELEMBAGAAN.

 

MISALNYA. AMSI MELALUI JARINGAN MEDIA YANG DIMILIKI, KURANG LEBIH 300 MEDIA DI INDONESIA DAN 20 MEDIA DI SULTRA DAPAT MEMFASILITASI PIHAK KAMPUS JIKA MELAKUKAN KEGIATAN PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN TENTANG MEDIA ATAU JURNALISTIK SECARA UMUM.

 

USAI MOU DILANJUTKAN DENGAN KEGIATAN SEMINAR, WORKSHOP, DAN KULIAH UMUM BERTEMPAT DI AULA FISIP UHO.

 

TAMPIL SEBAGAI PEMATERI ADALAH PENGURUS PUSAT ASOSIASI MEDIA SIBER INDONESIA (AMSI) YANG DIWAKILI MACHRONI KUSUMA YANG MERUPAKAN DIREKTUR MAIN PICTURES & DIREKTUR BERITA INDONESIA LINK.

 

TAMPIL PULA UPI ASMARADHANA SELAKU KOORDINATOR WILAYAH AMSI YANG JUGA FOUNDER KABAR GRUP INDONESIA.

 

SEDANGKAN DARI PIHAK KAMPUS TAMPIL SEBAGAI PEMATERI ADALAH DEKAN FISIP, DR LA TARIFU.

 

MENURUT LA TARIFU. PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DIGITAL MERUPAKAN KENISCAYAAN SEHINGGA JURUSAN JURNALISTIK HARUS MAMPU MENGADAPTASIKAN PERKEMBANGAN ITU DALAM WUJUD KURIKULUM PEMBELAJARAN YANG BERMUARA PADA ILMU-ILMU PRAKTIS.

 

OLEH KARENA ITU. MATERI PERKULIAHAN DI JURUSAN JURNALISTIK DIARAHKAN 60 PERSEN PRAKTIK DAN SISANYA TEORI, SEHINGGA DIHARAPKAN LULUSANNYA DAPAT DISERAP OLEH LAPANGAN KERJA DENGAN BAIK.

 

SEMINAR BERTAJUK “PENGEMBANGAN KURIKULUM PRODI JURUSAN JURNALISTIK DALAM SINERGITAS MEDIA CYBER MENGHADAPI KAMPUS MERDEKA, MERDEKA BELAJAR”

 

KETUA JURUSAN JURNALISTIK, MARSIA SUMULE, S.SOS, M.IKOM MENJELASKAN TUJUAN KEGIATAN INI UNTUK DAPAT MEMAHAMI BAGAIMANA KONDISI RIL YANG TERJADI DI DUNIA JURNALISTIK PADA ERA DIGITAL DEWASA INI.

 

PADA SEMINAR TERSEBUT,  MACHRONI KUSUMA MEMBAWAKAN MATERI TENTANG MANAJAMEN BISNIS MEDIA DI ERA DIGTAL. DIJELASKAN, ANTARA BISNIS DAN REDAKSI DALAM SUATU MEDIA HARUS DIKELOLA SECARA IMBANG. TIDAK BOLEH TIMPANG.

 

KEREDAKSIAN UNTUK MEMPERKAYA KONTEN HARUS DITUNJANG OLEH BAGIAN BISNIS YANG MENJADI JANTUNG KEHIDUPAN MEDIA.

 

SEMENTARA UPI ASMARADHANA MENGURAIKAN BERBAGAI LEGALITAS FORMAL DALAM MEMBANGUN BISNIS MEDIA. SEBAB PEMERINTAH TELAH MENGATUR SEMUA ITU MELALUI UU NO.40 TAHUN 1999 TENTANG PERS  YANG KEMUDIAN DITERJEMAHKAN SECARA TEKNIS MELALUI PERATURAN DEWAN PERS.

 

PENGETAHUAN DEMIKIAN HARUS DIMILIKI OLEH MAHASISWA JURNALISTIK JIKA INGIN EKSIS PADA DUNIA KERJA KEWARTAWANAN NANTI.

 

UNTUK DIKETAHUI, UNIVERSITAS HALU OLEO MERUPAKAN UNIVERSITAS TERBESAR DI SULAWESI TENGGARA.

 

DEMIKIAN, TIM LULOPEDIA MELAPORKAN DARI KENDARI, SULAWESI TENGGARA