Pariwisata SUltra Perusda Kolaka

Video. Duta Bahasa Sultra Angkat Bahasa Tolaki di Ajang Pildubas Nasional

Belum ditonton sejak 20 October 2020
LuloPedia Indonesia 0 subscibers

LULOPEDIA.TV – KENDARI, KANTOR BAHASA SULAWESI TENGGARA MENGIRIM PASANGAN DUTA BAHASA YANG DIWAKILI OLEH RAJAB DAN SRI ASMINI KRISSIN HARTOM YANG AKAN MENGIKUTI AJANG PEMILIHAN DUTA BAHASA NASIONAL YANG DIGELAR PADA 19 – 24 OKTOBER 2020 MENDATANG DI JAKARTA.

PASANGAN DUTA BAHASA SULTRA INI, AKAN MENGUSUNG PELESTARIAN BAHASA DAERAH TOLAKI DENGAN METODE TEBAK LENGKAP KATA DENGAN AKRONIM TE-LE-KA.

DUTA BAHASA SULTRA, RAJAB DAN SRI ASMINI MENGATAKAN AKAN MEMAPARKAN PROPOSAL KEBAHASAAN DAN MENAMPILKAN TARIAN YANG TELAH DISIAPKAN SEBELUMNYA DIHADAPAN DEWAN JURI NANTI DI JAKARTA.

PARAMETER MEMILIH BAHASA TOLAKI ITU DIKARENAKAN BAHASA DAERAH TOLAKI MULAI TERGERUS. INTENSITAS PENGGUNAAN BAHASA TOLAKI DI RANAH KELUARGA, PENDIDIKAN MAUPUN SOSIAL DAN BUDAYA MULAI TERKIKIS SERTA MENUNJUKAN KEPADA GENERASI MUDA BAHWA BAHASA DAERAH BUKANLAH BAHASA KUNO NAMUN MENJADI IDENTITAS CIRI KHAS PRIBADI.

DIMANA SAAT INI, GENERASI MUDA MILENIAL SAAT INI JARANG MENGGUNAKAN BAHASA DAERAH, HANYA DIGUNAKAN OLEH PARA ORANG TUA ATAU DEWASA USIA 30 TAHUN KEATAS SEHINGGA MENGALAMI KEMUNDURAN PENGGUNAAN BAHASA DAERAH.

UNTUK DIKETAHUI, RAJAB DAN ASMINI MERUPAKAN MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS DAN TEKNIK SIPIL DI UNIVERSITAS HALU OLEO. KEDUANYA MENGAKU OPTIMIS UNTUK MENGHARUMKAN NAMA SULTRA DI KANCAH NASIONAL.

DEMIKIAN, DION ZIMAI, LULOPEDIA MELAPORKAN DARI KENDARI-SULAWESI TENGGARA.