Video Deteksi Dini Gempa dan Tsunami, BMKG Kendari Pasang 17 Alat Sensor

Dilihat 285 kali sejak 10 July 2020
Lulo Pedia Indonesia 5.62K subscibers

LULOPEDIA.TV – KENDARI, GUNA MENINGKATKAN KETEPATAN, KECEPATAN, KEAKURATAN INFORMASI GEMPA BUMI DAN PERINGATAN DINI TSUNAMI, BMKG KENDARI AKAN MEMASANG 17 ALAT SENSOR DAN PENDETEKSI GEMPA DI 10 KABUPATEN DI SULTRA.

SEJUMLAH ALAT TERSEBUT BERUPA 11 WARNING RECEIVER SISTEM NEW GENERATION (WRS NEWGEN), EMPAT SENSOR GEMPA BUMI DAN DUA SENSOR AKSELEROGAF.

ADAPUN 1O KABUPATEN YANG MENDAPAT JATAH PEMASANGAN WRS NEWGEN TERSEBUT YAITU KOTA KENDARI, BUTON UTARA, KOLAKA UTARA, WAKATOBI, BOMBANA, MUNA, KONAWE, KONAWE KEPULAUAN, KONAWE UTARA DAN KONAWE SELATAN.

WRS NEWGEN TELAH SELESAI DIPASANG DI STASIUN GEOFISIKA KENDARI DAN SEMENTARA BERLANGSUNG PEMASANGAN WRS NEWGEN LAINNYA SECARA PARALEL, YANG MASING-MASING AKAN MENDAPATKAN SATU SET PERALATAN WRS NEWGEN.

KEPALA STASIUN GEOFISIKA KENDARI, ROSA AMELIA MENJELASKAN WARNING RECEIVER SYSTEM NEW GENERATION MERUPAKAN PERALATAN YANG BERFUNGSI UNTUK MEMBERIKAN INFORMASI MENGENAI GEMPA BUMI DAN PERINGATAN DINI TSUNAMI KEPADA SELURUH STAKHOLDER YANG KEMUDIAN AKAN DITERUSKAN KEPADA MASYARAKAT.

WRS NEWGEN JUGA BISA MENERUSKAN INFORMASI MENGENAI GEMPA BUMI DAN PERINGATAN DINI TSUNAMI MELALUI PESAN SINGKAT SELULAR KEPADA  PARA PEMANGKU KEBIJAKAN YANG DIHARAPKAN DAPAT MEMPERCEPAT PENANGGUNLANGAN BENCANA DI DAERAH.

SENSOR GEMPA BUMI YANG DIPASANG TAHUN INI DIMAKSUDKAN UNTUK MENGAWAL SESAR AKTIF ALAWANOPO, YANG MEMANJANG 260 KILOMETER DARI KOLAKA UTARA HINGGA KONAWE. SEMENTARA PERALATAN SENSOR PERCEPATAN TANAH, AKSELEROGRAF AKAN BERLOKASI DI KABUPATEN MUNA DAN KABUPATEN BOMBANA.

DEMIKIAN, DION ZIMANI, LULOPEDIA.TV MELAPORKAN DARI KENDARI, SULAWESI TENGGARA

Bara Juga :