Perusda Kolaka

Video. Bawaslu Konsel Lakukan Bimbingan Teknis Tentang Pengawasan Kampanye di Tengah Pandemi

Belum ditonton sejak 2 October 2020
LuloPedia Indonesia 0 subscibers

LULOPEDIA.TV – KONAWE SELATAN, BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM (BAWASLU) KABUPATEN KONAWE SELATAN MENGGELAR BIMBINGAN TEKHNIS TENTANG PENGAWASAN KAMPANYE  KEPADA 25 PANWASCAM DAN STAF YANG BERADA DI KONAWE SELATAN, PROVINSI SULAWESI TENGGARA, PADA HARI KAMIS (1/10/2020).

KETUA BAWASLU KONSEL HASNI, KEPADA WARTAWAN  MENGATAKAN KEGIATAN TERSEBUT DALAM RANGKA MENYAMAKAN  PEMAHAMAN PERSEPSI  ATAS PKPU  NOMOR 11 DAN PKPU NOMOR 13.

DI TEMPAT YANG SAMA, KOORDINATOR DIVISI HUKUM PENANGANAN PELANGGARAN DAN PENYELESAIAN SENGKETA BAWASLU KONSEL, AWALUDDIN A.K. MENAMBAHKAN KEGIATAN TERSEBUT JUGA  UNTUK MEMASTIKAN JAJARAN BAWASLU DAPAT MEMAKNAI SAMA DAN JELAS BERKAITAN DENGAN PENGAWASAN KAMPANYE BERDASARKAN PKPU NOMOR 13 TENTANG METODE KAMPANYE.

KEMUDIAN, LANJUT AWAL  ADA POTENSI LAIN YANG AKAN JUGA DI PASTIKAN SEPERTI POTENSI PELANGGARAN   ATAU POTENSI MASALAH SALAH SATUNYA ADALAH POLITIK UANG, NETRALITAS ASN , KAMPANYE HITAM , BERITA HOAX, ISU SARA  TERMAKSUD KAMPANYE DI MEDIA SOSIAL YANG BERBAU SARA YANG BERPOTENSI KONFLIK.

DIRINYA JUGA MENGAKU SEJAK MEMASUKI TAHAPAN KAMPANYE, BAWASLU KONSEL TELAH MENEMUKAN PELANGGARAN YAKNI  ALAT PERAGA KAMPANYE YANG SUDAH LAMA TERPASANG YANG MENGANDUNG UNSUR KAMPANYE YANG TIDAK DI ATUR DALAM PKPU.

TIDAK HANYA ITU, PASCA PENETAPAN CALON ADA BEBERAPA LAPORAN YANG DIDUGA UNSUR ASN TIDAK NETRAL DALAM MEMPOSISIKAN DIRINYA SEBAGAI PELAYAN PUBLIK DALAM PERHELATAN PILKADA.

SEMENTARA ITU, UNTUK JADWAL TAHAPAN  PERTEMUAN TERBATAS  DAN TATAP MUKA DIMULAI SEJAK TANGGAL  26 SEPTEMBER SAMPAI 5 DESEMBER, TAPI KALAU IKLAN DI MEDIA KAMPANYE  BAIK DI MEDIA ELEKTRONIK, MEDIA CETAK, DAN MEDIA DARING ITU JADWALNYA 14 HARI SEEBELUM DIMUALINYA HARI TENANG.

DEMIKIAN, AFDAL, KONTRIBUTOR LULOPEDIA MELAPOKAN DARI KABUPATEN KONAWE SELATAN, SULAWESI TENGGARA