Masyarakat Didorong Untuk Populerkan TKP Raha Sebagai Objek Wisata Muna

Dilihat 434 kali sejak 21 November 2021
Lulo Pedia Indonesia 0 subscibers

LULOPEDIA.TV, MUNA – Guna meningkatkan daya tarik wisatawan, milenial Kabupaten Muna mengkonsepkan tempat wisata kuliner pelelangan Raha berganti nama menjadi Tanjung Kuliner Pagi (TKP) Raha pada workshop ekonomi kreatif sub sektor media, penulisan konten dan fotografi pariwisata di wilayah tersebut pada 19-20 November 2021.

 

Pemberian nama tersebut dimaksudkan agar meningkatkan kemenarikan objek ini sehingga menarik wisatawan untuk mampir atau sekadar menikmati kuliner di Muna serta menikmati pemandangan di lokasi itu. Milenial di Kabupaten Muna menilai, denga mana TKP Raha pada tempat yang berada di pesisir Pasar Laino itu akan membantu wisatawan di daerah setempat maupun wisatawan luar daerah untuk mengakses lokasi maupun sebagai objek wisata baru di Muna, termasuk mengembangkan potensi-potensi pariwisata kreatif di daerah itu.

Fasilitator Kegiatan, Milwan mengungkapkan, nama tersebut merupakan hasil kesepakaan bersama saat workshop, usai sejumlah nama lainnya diusulkan oleh milenial. Hal ini karena tempat tersebut sering dikunjungi penikmat ikan segar di pagi hari, sebab hanya bisa dijumpai di pagi hari untuk sarapan pagi. Ikan yang baru ditangkap nelayan dibeli dan bisa langsung dibakar untuk disantap bersama makanan khas Muna, misal Lapa-lapa atau dengan nasi dan sayur yang dijual pedagang.

“Nama TKP Raha ini diharapkan bisa dipopulerkan masyarakat agar menjad daya tarik wisatawan bahkan sampai wisatawan luar negeri. Terlebih melalui workshop tersebut, milenial di kabupaten itu akan dlatih mempromosikan pariwisata melalui penulisan konten dan fotografi pariwisata hasil kerja sama Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara dengan Lulopedia tersebut. Selagi belum ada hak cipta, masih bisa diberi nama tempat wisata dan tidak ada yang melarang,” ungkapnya, Jum’at (19/11/2021).

Ia menrangkan, usulan nama objek kuliner di pelelangan Raha ini sebelumnya, yaitu TKP Raha, Lakenta Beach, Fresh Kenta Beach Laino, Tanjung Bara, Tanjung Kuliner Pagi. Namun hasil akhir diputuskan untuk memberikan objek tersebut dengan nama Tanjung Kuliner Pagi Raha atau TKP Raha.

“Workshop ekonomi kreatif sub sektor media, penulisan konten dan fotografi pariwisata di Kabupaten Muna merupakan lokasi kedua dari total enam titik kegiatan. Banyak hal didapatkan milenial dalam kegiatan tersebut yang berfokus pada pengembangan sektor pariwisata di daerah itu,” pungkasnya.