Foto bersama Dinas Pariwisata Provinsi Sultra dan Kabupaten Kolaka bersama milenial di wilayah Kolaka dalam workshop ekonomi kreatif sub sektor media. (Foto: Dok. Sultrakini.com)

Lokasi Keenam Workshop Ekonomi Kreatif Sub Sektor Media, Kolaka Potensial Pariwisata

Dilihat 157 kali sejak 7 December 2021
Lulo Pedia Indonesia 5.62K subscibers

Lulopedia.Tv: Kolaka – Workshop ekonomi kreatif sub sektor media kini memasuki lokasi ke enam yakni, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Lokasi terakhir pelaksanaan kegiatan yang menyasar milenial untuk aktif menjelajahi potensi pariwisata dan ekonomi kreatif tersebut.

Kegiatan yang disiarkan secara langsung ini, melibatkan puluhan milenial di Kabupaten Kolaka yang sebelumnya mengikuti sesi pendaftaran secara online.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, mulai pada 7-8 Desember 2021, peserta akan ditemani oleh dua pemateri handal dibidangnya yang akan membawakan materi-materi yang luar biasa terkait penulisan konten oleh jurnalis senior, Andi Sangkarya Amir dan fotografi oleh Kepala Laboratorium Ilmu Komunikasi (Bidang Fotografi) Fisip, Universitas Halu Oleo, Sitti Utami R. Kamil.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sultra, La Ode Saifuddin melalui Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif, Syamsinar, mengatakan Kabupaten Kolaka terpilih sebagai titik lokasi terakhir dari Kegiatan yang diinisiasi oleh Dispar Provinsi ini melihat adanya potensi pariwisata di kota Mekongga dalam pengembangan ekonomi kreatif.

“Ini menarik karena Kolaka terpilih dalam proses inisiasi pelatihan karena potensi Kolaka yang menjadikan kabupaten tersebut sebagai klaster pariwisata dan ekonomi kreatif di Sultra dari sisi karakteristik, nilai yang terkandung di dalamnya, potensi, dan SDM untuk mengembangkan ekonomi kreatif,” ucapnya, Selasa (7/12/2021).

 

 

Tak hanya itu, Syamsinar juga menyebut, bahwa Kabupaten Kolaka memiliki potensial dalam hal pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal ini terlihat dari banyaknya hasil produk hits karya masyarakat Kabupaten Kolaka, dan juga potensi dari sisi kuliner, kriya, dan fesyen.

“Kalau kita berbicara kuliner, itu banyak brand ternama di Sultra berasal dari Kolaka, kriya itu sangat berkembang pesat di sini–banyak malah yang ikut lomba nasional itu berasal dari Kolaka, fesyen juga ini menarik di Kolaka,” terangnya.

Oleh karenanya, Dispar Provinsi Sultra berharap workshop ekonomi kreatif sub sektor media di Kabupaten Kolaka ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal dalam hal peningkatan ekplorasi pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah tersebut. Tak hanya pemerintah saja yang dapat menggerak kemajuan suatu daerah, tetapi partisipasi oleh kaum milenial juga diperlukan untuk mendorong dan membangun peningkatan ekonomi di Kabupaten Kolaka.

Hal tersebut juga diharapkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka, Zulkarnaen Mansyur.

“Kami berterima kasih kepada Dispar Provinsi karena dari enam kabupaten/kota (lokasi kegaitan), Kolaka juga mendapatkan porsi. Semua kita di Kolaka ini patut bersyukur. Kita juga berharap semoga di tahun-tahun mendatang Dispar Provinsi terus mengalokasikan anggaran untuk kegiatan-kegiatan semacam ini,” ujar Zulkarnaen, sekaligus membuka workshop secara resmi di salah satu cafe and resto di Kolaka.

Workshop ekonomi kreatif sub sektor media tersebut disiarkan secara langsung melalui kanal Lulo Pedia, Website lulopedia.tv, Facebook Ekraf Dispar Sultra, dan Instagram ekraf_disparsultra.

 

Laporan: Yani

Editor: Ali Rashid