Jojon menjadi pemateri penutup setelah sebelumnya hadir, Jurnalis Senior, Andi Sangkarya Amir

Fotografer Senior Asah Kemampuan Milenial Kendari dalam Mengambil Gambar Wisata

Dilihat 59 kali sejak 13 November 2021
Lulo Pedia Indonesia 0 subscibers

LULOPEDIA.TV, KENDARI – Sebanyak 50 orang peserta dari kalangan milenial di Kota Kendari ikuti kegiatan workshop penulisan konten dan fotografi yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Tenggara, yang berlangsung di salah satu hotel di Kendari, Sabtu (13/11/2021).

Pelatihan ini menghadirkan Wartawan dan Fotografer Senior LKBN Antara Sultra, Jojon menjadi pemateri penutup setelah sebelumnya hadir, Jurnalis Senior, Andi Sangkarya Amir juga menyampaikan materinya terkait penulisan konten.

Jojon fotografer senior menyampaikan dalam mengabadikan sebuah peristiwa melalui foto, ada empat unsur yang harus diperhatikan, yakni pandai mengatur pencahayaan objek yang akan dipotret. Kemudian, ada efek gerak yang dapat menggambarkan sebuah karya fotografi seolah-olah ‘hidup’.

Jojon menjadi pemateri penutup setelah sebelumnya hadir, Jurnalis Senior, Andi Sangkarya Amir

Jojon menjadi pemateri penutup setelah sebelumnya hadir, Jurnalis Senior, Andi Sangkarya Amir

Selanjutnya, ada fokus dan ruang tajam menurutnya, pengaturan fokus yang tepat dapat mengatur ketajaman gambar sehingga, subjek yang ditampilkan terlihat menarik serta informasinya dapat disampaikan dengan sempurna.

Berikutnya, ada komposisi yang berupa warna, bentuk, bidang, tekstur, sudut pandang, format, irama, keseimbangan proporsi dan sebagainya.

“Foto yang baik itu adalah foto yang tidak ada samanya. Orang tidak pernah membayangkan untuk memotret hal tersebut,” ujarnya, Sabtu (13/11/2021).

 

 

Tak hanya berteori, Jojon juga mengulas kegagalan sejumlah foto pariwisata yang harus dihindari. Untuk itu sebelum memotret, fotografer sudah harus bisa menggambarkan foto seperti apa yang akan diabadikannya.

Setelah penyampaian materi pelatihan fotografi peserta juga di ajari cara mengambil foto yang tepat sehingga momen yang ingin disampaikan dapat tercapai.

 

Laporan: Dion Zimani
Editor : Ali Rashid