Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka, Zulkarnaen Mansyur. (Foto: Dok. Sultrakini.com)

Dispar Kolaka Beri Peluang Milenial Kembangkan Wisata dan Ekonomi Kreatif

Dilihat 214 kali sejak 7 December 2021
Lulo Pedia Indonesia 5.62K subscibers

Lulopedia.Tv: Kolaka – Dalam mengembangkan potensi pariwisata yang tak kalah dari daerah yang lainnya, hal ini membuat Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka, Zulkarnaen Mansyur mendorong kaum milenial untuk mengeksplorasi potensi wilayah Bumi Mekongga tersebut.

“Kita semua sangat paham bahwa era industri saat ini adalah digital, sayangnya kita masih terbelenggu oleh hati untuk mempopulerkan sesuatu hal di wilayah kita ini baik destinasi wisata maupun ekonomi kreatif. Padahal kita bisa lebih dikenal dan mendatangkan finansial, ini juga menjadi harapan kita untuk milenial,” jelasnya pada workshop ekonomi kreatif sub sektor media, Selasa (7/12/2021).

Zulkarnaen berharap kepada milenial agar bisa ikut andil dalam mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Kolaka dengan berkolaborasi bersama pemerintah dimulai dari tingkat desa.

Selain itu, kata dia, memanfaatkan kelebihan yang ada disetiap wilayah itu dapat memunculkan kesejahteraan bersama dalam membangun daerah.

Terlebih adanya pelatihan penulisan konten dan fotografi pariwisata di wilayah itu, juga diharapkan Dispar Kolaka semakin meningkatkan kemampuan milenial dalam melihat potensi yang ada yang dieksplor melalui konten dan foto.

“Mari kita semua anak muda terus bersemangat. Kita harapkan milenial ini tidak hanya pandai fotografi, menulis konten tetapi menjadi pelaku ekonomi masyarakat, boleh komunikasikan bersama kami. Pantai kita ini cukup luas tapi sampai hari ini belum ada kapal-kapal yang bisa kita gunakan untuk semacam warkop (warung kopi) berjalan dari pelabuhan perikanan misalnya, padahal kita ini kota di tepi air,” terangnya.

 

alkshow bersama Dispar Provinsi Sultra dan Dispar Kabupaten Kolaka, rangkaian workshop ekonomi kreatif sub sektor media di Kabupaten Kolaka. (Foto: Dok. Sultrakini.com)

Talkshow bersama Dispar Provinsi Sultra dan Dispar Kabupaten Kolaka, rangkaian workshop ekonomi kreatif sub sektor media di Kabupaten Kolaka. (Foto: Dok. Sultrakini.com)

 

Workshop ekonomi kreatif sub sektor media, penulisan konten dan fotogragi pariwisata di Kabupaten Kolaka berlangsung selama dua hari atau pada 7-8 Desember 2021. Kegiatan ini menyasar kalangan milenial dengan tujuan untuk mengajak mereka ikut berkontribusi membangun daerah melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selama kegiatan, peserta tidak hanya menerima materi penulisan konten dan fotografi, mereka turut menghasilkan karya dua item tersebut untuk dievaluasi bersama pemateri, yaitu Andi Sangkarya Amir selaku jurnalis senior dan Sitti Utami R. Kamil selaku Kepala Laboratorium Ilmu Komunikasi (bidang fotografi) Fisip Universitas Halu Oleo.

Bahkan, satu karya terbaik peserta dari masing-masing item diberikan hadiah menarik dari panitia kegiatan.

Untuk diketahui, workshop ekonomi kreatif sub sektor media tersebut, disiarkan secara langsung melalui kanal Lulo Pedia, Website lulopedia.tv, Facebook Ekraf Dispar Sultra, dan Instagram ekraf_disparsultra.

Kabupaten Kolaka sendiri merupakan lokasi terakhir dari road show di enam titik lokasi kegiatan lainnya, yakni Kota Kendari, Kabupaten Muna, Kota Baubau, Kabupaten Buton, Kabupaten Bombana.

 

Laporan: Yani

Editor: Ali Rashid