Dinas Pariwsiata Sultra Gelar Workshop Pengembangan Desain Produk Ekonomi Kreatif di Konawe Selatan

Dilihat 100 kali sejak 23 June 2022
Lulo Pedia Indonesia 5.62K subscibers

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kestabilan ekonomi daerah, pengembangan ekonomi kreatif di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi salah satu alternatif dan agenda dari Dinas Pariwisata Sultra.

 

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Sultra, Syamsinar,  dalam sambutan pembukaannya mewakili Kepala Dinas Pariwisata Sultra mengatakan ekonomi kreatif layak menjadi gerbong pengembangan ekonomi daerah.

 

“Rangkaian kegiatan ini merupakan bagian dari mimpi Dinas Pariwisata untuk memajukan ekonomi kreatif yang berbasis daya saing dan inovatif,” katanya.

 

Workshop yang digelar selama 3 hari, mulai hari kamis 23 Juni hingga hari Sabtu 25 Juni 2022 dilaksanakan di Andoolo Islamic Center Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), dan diikuti lebih dari 50 orang yang berasal berbagai wilayah di Konsel. Peserta umumnya adalah pengusaha UMKM yang sudah memiliki berbagai produk usaha seperti kuliner, kriya dan lain sebagainya.

 

 

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah nara sumber, yaitu perwakilan market place Shopee Indonesia, Indonesia Creative City Network (ICCN) dan konten kreator. Diharapkan dengan hadirnya para pemateri tersebut, peserta dapat mengembangkan produk yang dimiliki agar dapat menembus pasar retail modern dan market place.

 

Kepala Seksi Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Konsel, Syarif membenarkan salah satu kendala yang dihadapi para pengusaha UMKM di wilayahnya adalah kemasan dan desain produk. Adapun dari sisi jenis dan kualitas, hasil karya para pengusaha di wilayah Konsel dianggap sudah cukup memadai.

 

“Kami sangat berharap workshop ini dapat memberikan bekal kepada peserta untuk meningkatkan kualitas produk mereka, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara langsung,” ujarnya.

 

Laporan : Andi

Editor : Ali Rashid